BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Senin, 21 Maret 2011

13 Buku Madyapadma

01. "Untuk Apa Ke Sekolah"Untukapa ke sekolah? Adalah pertanyaan ringan yang membutuhkan jawaban yangdalam. Sebab secara turun temurun kita telah menyadari bahwa untukmenjadi manusia yang cerdas dan sukses, sekolah adalah hal utama yangharus dituntaskan. Namun, terlepas daripada itu, selama ini sudahkahsistem sekolah telah mencukupi untuk membentuk manusia yang handal,cerdas dan berbudi pekerti luhur. Tulisan lain yang terkumpul dalam"Untuk Apa Pergi ke Sekolah" antara lain "Pendidikan Murah dan Berkualitas", "Menanti Sebuah Wacana Menjadi Realita, SekolahPerlu Intensifkan Praktikum Kimia" dimana topiknya tak lepas darimasalah pendidikan dan tulisan-tulisan lainnya, yang salah satunyatentu tulisan yang berjudul "Untuk Apa ke Sekolah?" Buku ini merupakanbunga rampai tulisan anggota dan pengurus Madyapadma Journalistic Park.

02. Biopestisida (Seri Imiah)

Bukuini membahas tentang khasiat berbagai tanaman untuk menghambat penyakitbusuk lunak pada tanaman lidah buaya. Ketiga tulisan tersebut adalahPotensi Pemanfaatan Ekstrak Daun Dadap Serep (Erythirna subumbrans(Hask)Merr) Untuk Menghambat Pertumbuhan Bakteri Erwinia carotovora Penyebab Penyakit Busuk Lunak Pada Lidah Buaya (Aloevera barbadensis milleer); Uji Daya Hambat Dan Mekanisme Penghambatan Ekstrak Daun Alamanda (Allamanda cathartica L.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Erwinia carotovora Penyebab Penyakit Busuk Lunak Tanaman Lidah Buaya (Aloe vera barbadensis Milleer); Uji Daya Hambat dan Mekanisme Penghambatan Ekstrak Bunga Teratai Putih (Nymphaea alba) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Erwinia carotovora Sebagai Penyebab Penyakit Busuk Lunak pada Tanaman Lidah Buaya (Aloevera barbadensis Miller.)

Penelitian-penelitianitu merupakan penelitian yang dilakukan anggota dan pengurus MadyapadmaJournalistic Park dengan meminjam laboratorium di LaboratoriumBiopestisida Fak. Pertanian Unud di Program Pasca Sarjana Unud.

03. Antara Bisnis Penerbitan Buku, Radio dan Kerajinan

Bukuini adalah kumpulan tulisan dalam Koran dinding pada lomba di Fak.Ekonomi Unud tahun 2009. Ketika itu dari tiga tim kelas satu yangdikirim, hasilnya adalah sebagai juara pertama, juara kedua dan juarakeempat. Ketika itu tema lomba adalah ekonomi kreatif. Dan ketiga timmengangkat masing-masing bisnis penerbitan buku, bisnis radio danbisnis kerajinan. Tulisan – tulisan dalam buku ini cukup menginspirasikita khususnya dalam berwirausaha.

04. "Mr. Dollar"

Mr.Dollar adalah buku dengan kumpulan tulisan – tulisan dari seorang DesakPutu Diah Dharmapatni (Tim Madyapadma Journalistic Park). Seorangpenulis yang mengambil jurusan Bahasa di bangku SMA ini. Selama hampirtiga tahun di SMAN 3 Denpasar telah beragam tulisan dihasilkan,diantaranya, Mr. Dollar yang juga menjadi judul dari bukuini. Mr. Dollar adalah tulisan dengan latar belakang pendidikan danseorang guru yang kerap membayar nilai dengan uang. Selain itu, adapula tulisan yang masih berbau pendidikan yakni, "Guru Juga Manusia".Disamping mengangkat tema pendidikan, tulisan Diah juga membahasmengenai permasalahan remaja, salah satunya "Kisah Cinta di Sekolah".Dengan membaca buku ini, kita akan melihat apa yang sebenarnya seringmenjadi keluhan banyak remaja.

05. Ketika Remaja Bicara Pertanian

Buku ini adalah kumpulan dari artikel dan esai bertajuk pertanian. Namun tak sekedar membahasmasalah pertanian di Indonesia, tapi juga turut memberi alternatifdalam membangkitkan pertanian Indonesia yang notabene merupakan negaraagraris. Tulisan – tulisan yang dimuat dalam buku ini antara lain : "Agroindustri Tanaman Aloevera, Menembus Pasar Dunia", "Indonesia Perlu Waktu, Untuk Menerapkan Pangan Sebagai Sumber Energi", "Drip Irrigation, Sebuah Terobosan Efisiensi Irigasi", Optimalisasi Kopi Luwak Dalam Agroindustri Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Dunia, danmasih banyak lagi. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari beberapapenulis anggota Madyapadma Journalistic Park tentang bentuk kepedulian,pemikiran dan pandangan mereka seputar pertanian di Indonesia.

06. "PR Bagi Legislator"

Sesuaidengan judul bukunya, buku ini berisikan tulisn – tulisan yangmengkritisi anggota legislatif dari berbagai sudut pandang. Kebanyakandari tulisan ini berlatar belakang lingkungan Bali. Misalnya, "TataRuang Bali Amburadul, Siapa yang Dibodohi?", "Jangan Sampai MenjualBali" dan "Tata Ruang Bali : Inginkan Ketegasanbukan Revisi". Di samping itu ada pula yang bertemakan politik danpendidikan. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari beberapa penulisanggota Madyapadma Journalistic Park tentang keprihatinan mereka akankualitas legislator Bali.

07. Jejak Juara Di Lingkungan (seri ilmiah)

Bukuini adalah kumpulan karya tulis ilmiah yang pernah menjuarai ajangkarya tulis nasional. Tulisan – tulisan ini mengulas tentang manfaattumbuhan sebagai solusi berbagai permasalahan lingkungan dan manusia.Tiga karya tulis ilmiah itu adalah "Model Teknik Pengolahan LimbahIndustri Garmen Secara Bio-Fisika yang Ekonomis dan Ramah Lingkungandengan Memanfaatkan Kemampuan Tumbuhan Eceng Gondok ( Eichornia crassipes ) yang Efektif dan Efisien", "Meningkatkan Nilai Guna Tumbuhan Byah-byah (Monochoria vaginalis (Burn.f) Prest ) dari Tumbuhan Gulma dan Pakan Ternak Menjadi Sayuran yang Layak di Konsumsi Manusia" dan "Kombinasi Tanaman Kunyit (Curcuma domestica VAL.) , Sirih (Piper betle L.) dengan Madu sebagai Formula untuk Mencegah Penyakit Kanker Lambung".

08. Yang Unik, Yang Juara (seri ilmiah)

Buku Yang Unik, Yang Juara iniadalah kumpulan tulisan dari I Gusti Agung Paramitha Eka Putri dan DisaSaraswati serta Ni Wayan Devi Aprianti dkk. Ketiga tulisan hasil risetini sempat mengukir prestasi. Tulisan I Gusti Agung Paramitha Eka Putriyang mengangkat seputar penerapan rumah arsitektur Bali yang ramahlingkungan dan mengurangi penggunaan AC meraih peringkat enam dalamlomba LKTI lingkungan tingkat nasional yang diselenggarakan Depdiknas.Kemudian tulisan Disa Saraswati tentang Subak Agung kaitannya dengankelestarian lingkungan dan mencegah konflik meraih juara kedua dalamlomba LKTI tingkat nasional yang diselenggarakan Depdiknas bekerjasamadengan Dep. Pariwisata. Serta riset media selama sepuluh tahun tentangsikap multikultur orang Bali pasca bom Bali yang dilakukan Ni WayanDevi Aprianti dkk meraih juara kelima lomba LKTI se-Bali yangdiselenggarakan oleh Undiksha. Ketiga penelitian mereka merupakanpenelitian-penelitian unik yang mampu mengantarkan mereka menjadijuara. Sekaligus riset unik yang perlu mendapat apresiasi.

09. Sang Juara (seri ilmiah)

Buku"Sang Juara" ini merupakan buku hasil riset yang kemudian mengantarkantim Madyapadma menjadi juara dalam lomba-lomba LKTI. Ketiga riset ituantara lain "Kajian Penerapan Konsep TriHita Karana Untuk Meredam Konflik Sesama Orang Bali (riset media1997-2008)"; "Kombinasi Tanaman (Cucuma Domestica Val.), Sirih (PiperBetle L.) Dengan Madu Sebagai Formula Untuk Mengobati Penyakit Maag"; dan "Potensi Tanaman Sirih (Piper betle L.) sebagai Sumber Pestisida Nabati Untuk Menunjang Pertanian Organik yang Berkelanjutan".

10. Cintaku Berat di Ongkos

Kumpulantulisan selama hampir tiga tahun di Madyapadma Journalistic Park dariseorang Dewa Ayu Widyastiti Sravistha ini terdiri dari tulisan dengantema yang beragam. Namun sebagai seorang siswi dari kelas sosial, Widyalebih banyak mengangkat tema sosial, seperti "Produksi Kreatif Untuk Ekonomi dan Pendidikan Bangsa", "Indonesia Pancasila Antara Otak dan Moral" dan "Humaniora-Eksakta:Ilmu yang Berbeda tetapi Satu". Namun sebagai seorang gadis yang baruberanjak remaja, Widya tentu tak lepas dari fenomena dunia remajanya.Ini tertuang dari tulisannya yang juga menjadi judul dari buku ini,yaitu "Cintaku Berat di Ongkos".

11. Jejak Bali Di Tangan Pelajar

Sesuaijudulnya, buku ini adalah tulisan – tulisan mengenai Bali melaluipenilaian pelajar. Tidak hanya membahas Bali sebagai pulau wisataseperti dalam tulisan "Dampak Sceto Plan", namun juga mengulas mengenaiadat leluhur yang dibahas dalam "Kembar Buncing, Adat Kaku PeninggalanMasa Lalu." Dan, beragam tulisan kritis pelajar atau remaja dalammelihat sosok Bali sebagai Bali yang indah semata, melainkan sosokhitam putih Bali yang menggoda mereka untuk menuliskan pandangannyasecara kritis. Buku ini adalah bunga rampai dari penulis-penulis yangtergabung dalam Madyapadma Journalistic Park –SMAN 3 Denpasar.

12. Riset Unik Tentang Bali (Seri Ilmiah)

Bukuini tentang riset-riset unik seputar Bali. Antara lain riset dari NiWayan Oktariani yang meneliti berapa biaya yang dikeluarkan orang Balisetiap tahunnya untuk banten hari raya Galungan-Kuningan. Dari hasilrisetnya angkanya mencapai triliunan rupiah.

Adajuga riset unik tentang benarkah dewasa ayu atau hari baik itusebenarnya ilmiah? Untuk itu Putri dkk melakukan riset dewasa ayu orangngaben, nikah, potong gigi selama 10 tahun, tanggal-tanggal hari baikitu kemudian dicocokkan dengan data cuaca yang diambil dari BMKG.Hasilnya 70 % lebih hari baik itu termasuk hari yang cerah sesuai limakriteria. Bahkan kalo kriteria diturunkan 4 dari 5 lima kriteria sudahdipenuhi dianggap memenuhi syarat, maka hasilnya sekitar 80 % - 90 %dewasa ayu itu tepat harinya cerah.

0 komentar: